Friday, August 2, 2013

Yuuk Kite Nabung

Belakangan, saya sangat terobsesi dengan tabungan. Nabung, itu susah banget, emang bener nabung itu jalan yang paling susah bikin kita kaya, tapi ngga nabung udah pasti jadi jalan yang paling bisa bikin kita jadi miskin. Belom lama ini juga, saya paling seneng kalo nonton ibu-ibu Financial Planner (FP) di TV. terus terang saya lupa nama orangnya, tapi dia itu sering banget wira-wiri di TV. Nanti kalo saya inget namanya, bakal saya update di blog ini. Namanya Ligwina Hananto *update
penampakan, diambil dr twitternya


Kenapa suka sama FP ibu-ibu? karena pembahasannya dia itu kena banget, tau banget dia kalo kita sesama ibu-ibu itu suka banget sama baju, diskon, aksesoris, perintilan warna-warni yang kadang...OKE itu ngabisin duit banget. Emang uang kalo udah didapet setelah kerja buat diapain?
Ya diabisin kan?? kaaan? Yuk mari 
Iya sih saya setuju juga, tapi nabung itu udah saya tanamkan dalam diri adalah suatu kewajiban, WAJIB. Pendapatan 5jt, 10jt, 20jt ngga pernah bakal jadi lebih kalo ga kita lebih-lebihin. Semacam perkataan seorang anggota dewan  "Gaji 25jt itu ga cukup buat kita loh karena kita musti ini itu dududu lalalala~" Istigfar bapak..yuuk dibantu

Itulah kenapa kita musti nabung, gimana dengan shodaqoh? 2.5% itu batas minimal kalo kita sholat udah 5 waktu tepat waktu, berjamaah di masjid (buat yang cowok), puasa senin kamis, rowatib yang istiqomah. Itu batas minimal ternyata sodara. Kalo merasa belum begitu minimal 10%, apalagi yang ibu-ibu belum berhijab shodaqoh  musti banget di atas 10% karena kan masih shodaqoh ke nonmuhrim *uhuk. Skip dulu ya masalah shodaqoh

Katanya si Ibu FP itu, semisal pendapatan kita 1juta aja, 30% alias 300.000 itu buat nabung, seseeeeeeek ya Alloh...iya emang kebaikan harus dipaksa. Buat main-main refreshing 20% alias 200.000 alhamdulillah angin segar (lumayan dapet 2 gamis tiap bulan), dan buat rutinan 40% alias 400.000 saja.  Tapi buat jaga-jaga, tabunginnya 40% ajah, kenapa? karena ga ada yang rugi dengan lebih banyak nabung, tapi selalu merugi kalo rutinan pengeluaran dilebihin. Bayangkan, kalo pendapatan 10jt, 30% nya itu 3jt, 20% nya itu 2jt, 2 jt buat main dan gaya? lope-lope di udara~ bayangin yang enak aja yaah? Jangan lupa, pengeluaran rutin juga jadi 4jt. Semakin banyak pendapatan maka pengeluaran juga semakin jadi ada-ada aja. Maka dari itu teman, Yuuk kita nabung yuuk~


No comments:

Post a Comment

Please leave your comment here..