Friday, May 24, 2013

100% kelulusan

Hari ini mungkin jadi hari yang bersejarah buat seluruh anak SMA/K sederajat , mengingat hari ini yaitu hari penentuan lulus atau tidaknya mereka setelah 3 tahun belajar di sekolahnya masing-masing. Sekolah tempat saya mengajar berhasil meluluskan siswa-siswinya dengan grade 100%, saya terus terang merasa tidak kaget, cenderung datar mendengar itu semua, katakanlah saya jahat, tapi 100 % itu adalah angka yang dipaksakan, katakanlah saya seorang guru amatir yang baru  mengajar setahun, tau apa sih ?
kalau musti dijabarkan satu per satu apa yang membuat saya bilang 100%  angka yg dipaksakan, kayanya nanti bakal  buat malas membacanya. 
100% kelulusan ? kadang angka itu bahkan jadi iklan buat suatu sekolah di spanduknya..
Dibalik angka 100% apa yang ada di dalamnya? BUSUK!
Sebulan yang lalu, saya rasanya pengin nangis & sakit hati melihat anak-anak saya dipermainkan dengan keadaan. 
Pemerintah,,, kenapa anak-anak kita harus mengalami sistem yang kacau ini? 31 paket soal dengan bobot soal disetiap paketnya bisa jadi beda-beda, apa itu?? Soal menggunakan barcode? UN dikawal polisi, terlalu berlebihan tau gak?? lembar jawaban kaya koran daur ulang
Toh akhirnya sekolah bakal lulus 100%, 
Malam kemarin, seorang anak baik mengajak ngobrol saya di FB, minta do'a buat hasil kelulusannya besok, seorang anak baik yang mendo'akan teman-temannya buat lulus 100%, saya hanya menjawab
"inshaAlloh yg terbaik buat anak baik :) "
"aamiin ya rabbal alaamiin... doakan kami semua ya bu biar lulus 100 % dengan hasil yang memuaskan :') makasih ibu cantik :')"

terus saya tidak membalasnya lagi, tapi dalam hati sih bilang... anak-anak itu, rasanya dipaksakan untuk lulus 100%


No comments:

Post a Comment

Please leave your comment here..