Monday, January 21, 2013

#resepsi *eheuuum

Begitu banyak tukang kompor, dimana-mana bertebaran tapi ini lumayan ngomporinnya yang baik. Jama'aah mari kita bagi sebuah rangkaian cerita dari acc tweetnikah berikut ini. Tentang #resepsi, kadang suka aneh sama beberapa orang yang nikah, banyak contohnya dari tetangga terdekat saya. Gegara nikah eh bukan..maksudnya gegara resepsi malah jadi ngga punya rumah, eww. Jual rumah cuman buat pesta yang kurang dari 24 jam. Ada yang beralasan "yaah moso punya anak perempuan cuman satu ngga dipestain" "masa punya anak ngga diurusin" dan banyak alesan yg lainnya. Giliran buat memberikan pendidikan yang lebih baik (baca: kuliah) bilang kaga mampu, tapi buat pesta walimah bisa ngabisin 150jeti *prokprokprok

Ngga logika banget menurut gw deh, biar disebut orang bahwa kita mampu gituh apa ngadain #resepsi spektakuler? Buat apaan?? GENGSI? emang orang mau nanggung kalo ntar kita ngga punya rumah, ngga bisa makan, orang mau nanggung gitu kalo kita punya utang gegara #resepsi spektakuler doang? Oke, baca kalimat-kalimat di bawah ini yaa..
credit: as tagged


1. Hampir semua orang mendamba #resepsi yang berkesan & dapat dikenang hingga akhir hayat kelak
2. Tapi banyak yg terjebak dlm #resepsi yg berlebih2an, kadang mekasakan diri diluar kemampuan hingga menumpuk hutang
3. #Resepsi itu disuruh oleh Nabi. Adakanlah walimah meski hanya menyembelih seekor kambing. (Muttafaqun ’alaih)
4. Pernikahan Nabi dg Shafiyah#resepsi hanya dg menghidangkan korma kering & minyak samin kpd tamu.
5. Tujuan sebenar dari #resepsi adalah utk memberi kabar berita bahagia kepada sanak keluarga bahwa kita menikah
6. Juga menghindari fitnah dari orang yg tidak tahu kita telah menikah kalau tidak dibuatkan acara #resepsi
7. Nah, makin lama, #resepsi berubah.. Dari yg dulunya hanya sederhana, kini dihelat besar2an melebihi kemampuan
8. Kita sepakat dulu ya, kalau mampu, tak salah gelar #resepsi mewah. Jadi cela jika tak mampu tapi memaksa diri
9. Ada yg memaksakan diri tetap menghelat #resepsi mewah, besar2an tanpa ukur keuangan diri & keluarga
10. Tujuan awal berubah sudah. Kalau ingin memberi tahu tetangga & keluarga, kenapa kerabat jauh diundang serta?
11. Diundang hanya orang berada. Kerabat miskin tiada diundang serta. Padahal telah jelas Nabi bersabda : (cont)
12. Seburuk2 makanan adalah #resepsi yg hanya undang orang kaya, sdngkn orang miskin tidak diundang (HR Bukhari-Muslim)
a. No. 10 & 11 ketinggalan hashtag #resepsi nya :p
13. Lalu, bagaimana tips biar #resepsi tetap berkesan tanpa harus keluar uang yg sangat banyak?
14. Undanglah lingkaran terdekat saja. Sering 'kan yg hadir di resepsi itu orang2 yg asing dg pengantin?
15. Kartu undangan & souvenir juga salah satu faktor membengkaknya budget #resepsi. Bisa dihemat disitu
16. Setelah ijab qabul, makan2 tetangga & keluarga di rumah, itu sudah dianggap #resepsi. Undang juga anak yatim
17. Baju nikah juga bisa disewa aja, nggak wajib beli. Toh hanya sekali pakai. Kita bisa tetap resepsi :)
18. Bentar min.. Apa kata orang-orang kalau kita nikah hanya spt syukuran aja, bukan #resepsi mewah?
19. Kita tuh suka mikirin apa kata orang. Kalau keluarga muda itu bangkrut abis resepsi, orang2 mau bantu apa?
20. Itu kan cuma teori min.. | Nggak, ini yg saya lakukan dulu. #Resepsi (syukuran) ga nyampe 4jt-an
21. Hahah, mimin rakyat jelata sih. Hmmm asal anda tau, @ipphoright dulu nikah sederhana. Tanpa #resepsi mewah
22. Saya dulu di sms mas @ipphoright pas dia mau nikah, doain ya, saya mau nikah, syukuran aja, ga pesta #resepsi
23. Nah, kita mustinya #resepsi sederhana aja, trus dananya digunakan utk setelah nikah itu. Lebih dibutuhkan :)
24. Bahkan jika kita orang mampu n kayapun, sebaiknya #resepsi tidak usah terlalu berlebih2an. Sederhana aja
25. Mungkin, #resepsi di Panti Asuhan akan lebih terasa sakral & berkesan seumur hidup drpd di gedung pesta
26. Sekali lagi saya tegaskan, kalau kita orang yg kaya & berduit, tak dilarang gelar #resepsi mewah.
27. Hanya saja kalau kita tiada berharta, jangan sampai berhutang #resepsi hanya karna takut pandangan orang
28. Kalaulah #resepsi mewah itu dianjurkan Nabi, tentulah Beliau & para Sahabat mencontohkan. Nyatanya tidak
29. Bagaimana kalau kita ingin #resepsi sederhana tapi keluarga besar minta megah2an? Gampang. Minta mrk yg biayai
30. Yg penting jangan sampai keluarga muda anda langsung tiarap karena hutang yg timbul akibat #resepsi :D
31. Jadi ingat dulu #resepsi (syukuran) kami bahkan tanpa pelaminan. Kami berdua duduk di lantai. Tamu2 bengong :))
32. Isteri saya bungsu dari 9 bersaudara. Kakak2nya nangis maksa dibikin #resepsi mewah. Kami keukeuh dg prinsip
33. Kakak2 n Ortunya udah mau patungan utk #resepsi kami, tapi kami tolak dg halus. Itu 7 tahun yg lalu
34. Oke tweeps, segitu aja bahasan #resepsi malam ini. Semoga bermanfaat & memberi perspektif baru :)
credit : as tagged

"Sesederhana apapun pernikahan kita, tetap akan jadi momen indah yg terus dikenang. Karena yg manis bukan mewahnya, tapi suasana syahdunya.."

2 comments:

Please leave your comment here..