Friday, August 31, 2012

EdCoustic - Menjadi Diriku




Tak seperti bintang di langit
Tak seperti indah pelangi
Karena diriku bukanlah mereka
Ku apa adanya

Dan wajahku memang begini
Sikapku jelas tak sempurna
Ku akui ku bukanlah mereka
Ku apa adanya

*)
Menjadi diriku
Dengan segala kekurangan
Menjadi diriku
Atas kelebihanku.......

Terimalah aku
Seperti apa adanya
Aku hanya insan biasa
Ku pun tak sempurna

Tetap ku bangga
Atas apa yang ku punya
Setiap waktu ku nikmati
Anugerah hidup yang ku miliki

Back to *)
 
http://liriknasyid.com

Thursday, August 30, 2012

#WearHijab


01. ada yang khawatir #WearHijab lalu berbuat dosa, padahal itu belum pasti | yang sudah pasti, buka aurat dan dosa malah tiada khawatir
02. ada yang khawatir #WearHijab lalu akan diolok karena taubat, karena merasa sebelumnya dia berdosa berat | bukannya harusnya bangga?
03. ada yang khawatir mengotori Islam bila #WearHijab dan masih bejat | padahal ia mengotori kehormatan diri dan Islam saat buka aurat
04. ada yang beralasan banyak yang #WearHijab tetap maksiat | padahal disaat itu dia lakukan 2 maksiat, buka aurat dan menggunjing saudara
05. ada yang menunda #WearHijab sampai dia siap | padahal semua yang kenakan hijab sadar bahwa alasan itu salah, siap itu setelah kenakan
06. yang lebih lucu ada yang menolak #WearHijab karena tetangga bilang dia aneh mengenakannya | sudah tau tetangga bukan yang punya surga
07. dikatakan aneh saat #WearHijab itu biasa, Rasul saat memegang kebenaran Islam dikatakan aneh dan gila | bangga kan jadi orang aneh? :)
08. dibilang orang #WearHijab hanya untuk menutupi perut yang hamil, dikatain munafik | kalem aja, amarah tak membakar kecuali yang punya
09. #WearHijab dan tunjukkan pada dunia, seiring berjalannya waktu | siapa yang tertawa paling akhir, siapa yang berpegang pada jalan benar
10. dibilang ekstrimis, fundamentalis, dan kata sadis lain karena #WearHijab? | kalem we, anggap aja pujian karena menetapi jalan Allah
11. ingat saja, setiap olokan karena #WearHijab pasti datang orang yang sirik bin jahil | yang nggak mau berhijab lalu cari-cari kesalahan
12. bukan karena manusia #WearHijab kan? karena Allah semata kan? | lalu kenapa celaan manusia bisa masuk ke hati?
13. saat ada yang mengolok-olok karena #WearHijab ingat baik-baik | bila kita turuti, kita berpaling dari jalan kebenaran, syaitan menang
14. tiada perlu izin manusia untuk taati Allah dalam hal wajib | karena Allah tak perlu izin siapapun untuk memerintah #WearHijab
15. apalagi hanya masalah kerjaan lantas give-up #WearHijab? | alamak, bumi Allah luas sayang! saatnya bikin kerja bukan dikerjain terus!
16. berapa sih bos-mu bayar? bisa buat beli surga gaji-mu? | bos yang membimbing jalan masuk neraka, jangan diikuti, find another job!
17. mungkin engkau bisa beralasan belum siap #WearHijab | hanya ingin mengingatkan, bahwa malaikat atid selalu siap dengan penanya
18. hormati dirimu sendiri dengan #WearHijab | dan persilahkan orang lain menghormatimu dan prinsip hidupmu, Islam-mu :)
19. sebagaimana berlian berharga karena sedikit jumlahnya | maka akhwat #WearHijab juga dihargai surga karena sedikit jumlahnya
20. cantik terbatas pada fisik, hilang begitu nyawa meregang | #WearHijab kekalkan daya tarik, sampai mati pun ketaatan akan terkenang
21. Khadija, Aisya, Shafiyya berlalu dan dunia takkan kedatangan lagi seperti mereka | namun engkau bisa menyamai mereka dalam #WearHijab
22. para wanita-wanita sekeliling Nabi, tidak pernah ragu untuk #WearHijab | karena keraguan mereka dihapus harapan, surga namanya!
23. tidak dimasuki surga Allah kecuali orang-orang yang menyucikan diri dari dosa maksiat | salah satunya yg penting adalah #WearHijab
24. bila surga sudah siap menanti Mukminah taat yang siap korbankan nikmat duniawi sekarang | maukah engkau #WearHijab sekarang? :D



Ustadz Felix Siauw


Masih ada 1 cara, 1 cara nekad saat nanti sudah tepat waktunya =] *caratehghaida


Wednesday, August 29, 2012



Selamat Ulang tahun Bapak Feri Fahrianto, terima kasih atas bimbingan bapak saya bisa lulus S1 dengan selamat..Semoga Alloh memberkahi keluarga bapak, semoga anak-anak bapak jadi anak yang muttaqiin, semoga saya mendapat Pak Feri KW Super hahahah aamiin

Tuesday, August 28, 2012

Single itu? Haruskah..

Namanya manusia sob,,ngga bisa hidup sendiri,  masyarakat ibarat juri kehidupan juga kadang-kadang. Apalagi single, godaannya subhanallah masya Allah, astagfirullahal'adzim, ibarat arah mata angin, tuh godaan single ya begitu, segala arah mamen...
http://pelanginada.com/review/arah-mata-angin/

Dari hal yang kecil aja deh, misal pulang kerja trus ada temen sesama single (eaaaa) ngajak tebengan. Sumpah kalo saya ada situasi begini kaga enak bgt, nolak ntar disangka sombong, sok2an jual mahal lah, belagu, dan teman-temannya..lah mengiyakan juga gimana gitu. Apalagi kalo di lingkungan baru, ieeeuuuh gimana cara menjelaskannya sama mereka gitu. Kalo temen jaman SMA & kuliah mah udah tau model kaya apa saya inih. Hanya orang-orang terpilih aja yang sekiranya no heart attached, takut doi penyakit hati mamen. Saya mah kan hatinya udah di gembok *tsaaah. Lah dunia kerja dengan teman baru yang blank dengan siapa saya? maka saya cenderung dibilang "sok" kali ya, emang kaya apa si calon ibu fatimah sampai begitu sikapnya?? Mau tau?? emang mau tau banget, minta bocoran gih sana sama Allah hahaha

Pernah suatu pagi, saya ketemu guru cowo yg sesama single di jalan, doi ngajak bareng.. saya yang lagi nyebrang  jalan ngga ngeh seseorang dibalik helm tersebut spontan bilang" ngga pak, makasih".  Emang dengan muka jutek, lah orang lagi serius nyebrang tiba2 ada motor berenti di tengah2 jalan raya coba bayangin? Di dalam angkot mikir, itu tadi kira-kira siapa yak? Sesampainya di sekolah guru A itu moso ketemu saya diem aja, saya sapa aja. 
"eh bapak A (nyengir2 ngga jelas)"
"eh bu fat, ko tadi di jalan sombong jutek bener saya ajak ngga mau"
"hehe ngga papa pak, sy mending bayar 2rb daripada ntar jadi gosip"
"haha ntar kan saya bisa turunin sebelom sekolah"
"hehe ngga pak makasih"
~CLEAR~
Ujug-ujug nih yaa, guru tersebut duduk di paling belakang dengan guru-guru yang lain teriak "bu fat, ngga mau saya bonceng tadi" *dengan nada pake toa
yang sudah pasti di dengar oleh seluruh orang yang ada di ruangan. Guru B "kenapa gitu bu fat?"
Saya yang udah keliwat ngga sabar, dalam hati (ih kan,,,gw nolak bonceng aja lo berkoar2 sob) "yah Pak, saya lebih baik bayar 2rb dari pada nanti diomongin" SKAK MAT (baik gw ataupun guru B).
Guru B "bu fat bu fat...(nyengir sambil geleng2)"

Lah namanya tawaran, jawabannya bisa "Ya" atau "Tidak" bukan?? Mungkin guru A ngajak saya bareng dengan niat baik (ga enak ketemu di jalan masa ga diajak) tapi saya rasa guru A punya pemahaman agama yang cukup untuk mendengar jawaban "tidak" dari saya.

Keliatan kecil bagi orang lain mungkin, ya ampun ketimbang masalah bonceng membonceng doang. Ribet amat, tapi telinga saya paling ngga tahan kalo nanti tiba-tiba ada celetukan "bu fat diajak si ini mau si itu mau". Apa kata dunia mamen?? Naudzubillah...

Maka, tolong bantu kami (para wanita single) untuk menjaga diri kami ya sob, kami mah bukan maksud sombong. Sebagai upaya menghargai diri kami dan menjaga diri kami dari penyakit hati dengan lawan jenis. Sebagai upaya juga agar tidak terjadi gosip, gosipin orang kan dosa ya? diibaratkan seperti memakan bangkai sodaranya sendiri bukan, tapi kalau membuat memancing orang membicarakan (gosipin) kita? dosa kaga tuh? saya rasa so so lah ya..

Okelah, intinya resolusi saya bulan ini adalah lancar motor, biar meminimalisir kejadian seperti itu..


Sunday, August 26, 2012


I'll try to be good  with all the people I know well  or I've just met, so don't provoke me  to be cruel 
and I'm not really good at small talk, i have this kind of style, sorry...thank you~ :-)

Just because you say it's nothing 
doesn't make it so.

Friday, August 24, 2012


I don’t believe in failure. 
It’s not failure if you enjoyed the process.

Oprah Winfrey

Friday, August 17, 2012


“tulis semua rencanamu, dan berikan penghapusnya pada tuhan,…agar DIA mengedit beberapa rencana yang telah kau tulis, dan menggantikannya dengan rencana yang lebih indah menurutNYA”

Kalimat Terakhir Ibu Endang Rahayu Sedyaningsih


"Saya sendiri belum bisa disebut sebagai survivor kanker. Diagnose kanker paru stadium empat baru ditegakkan lima bulan yang lalu dan sampai kata sambutan ini saya tulis, saya masih berjuang untuk mengatasinya. Tetapi, saya tidak bertanya "Why me ??".

Saya menganggap ini adalah salah satu anugerah dari Allah SWT. Sudah begitu banyak anugerah yang saya terima dalam hidup ini. Hidup di negara yang indah, tidak dalam peperangan, diberi keluarga besar yang pandai-pandai, dengan sosial ekonomi lumayan, dianugerahi suami yang sangat sabar dan baik hati, dengan dua putra dan satu puteri yang alhamdulillah sehat, cerdas dan berbakti kepada orang tua.

Hidup saya penuh dengan kebahagiaan. "So... Why not?" Mengapa tidak, Tuhan menganugerahi saya kenker paru? Tuhan pasti mempunyai rencana-Nya, yang belum saya ketahui, tetapi saya merasa SIAP untuk menjalankannya. Insya Allah. Setidaknya saya menjalani sendiri penderitaan yang dialami pasien kanker, sehingga bisa memperjuangkan program pengendalian kanker dengan lebih baik.

oleh Endang Rahayu Sedyaningsih
Mantan Menteri Kesehatan





“Second time is always easier than the first one”

Bapak Agoes IIEF Jakarta

ADS Notification

Jiahahahaha, parah beut tapi alhamdulillah blom berangkat, isk mim dirimu ini loh. Untung buka websitenya dulu sebelom pergi begitu saja, hahaha. Udah mana ngga sahur, Kuningan silau looh kalo siang begini hehehe. Siap-siang beberes dulu, biar ada alesan buat ikutan itikaf malam 29, aseeek!!

Monday, August 13, 2012

Tips for Muslimah



► To beautify your eyes : Lower your gaze towards strange men ...
This will make your eyes pure and shiny...
{24:31} : ...And tell to the believing women to lower their gaze and be modest. 

► To have attractive lips...
Speak with kidness towards your family and sisters in Islam...
And speak only the truth and essential matters...
As the Prophet(pbuh) said :"whoever believes in ALLAH(swt) and the last day should speak GOOD WORDS or REMAIN SILENT.[Al Bukharî and Muslim] 

►To have blushy cheeks...
Keep your Haya(modesty, shyness)...
As the Prophet(pbuh) said :" Haya doesn't produce but GOODNESS". [Al Bhukharî and Muslim] 

► To look fresh and radiant...
Always smile and be cheerful to your family and sisters in Islam...
Adullah Ibn Haarith radiallahu anhu reports :" I didn't see anyone smiled and more than Rasulullah(pbuh). [ Shamaa-il Tirmidhi] 

► To remove impurities from your face and hands...
Makes a lot of istighfar...
And always take wudu(whenever you break it)...
Insha'allah it will clear you from your past sins...
As ALLAH(swt) mentioned in {2:222} :" Truly ALLAh(swt) loves those who repent, and HE love those who cleanse themselves". 

► To have beautiful hair and skin...
Guard it from the sight of strange men...
By covering it up...
As the Prophet(pbuh) said :" Any woman who takes off clothes in other than her husband's house( to show off unlawful purpose), has broken ALLAH(swt)'s shield upon her".
[Abu Dawud and Al-Tirmidhi] 

► As for jewelleries...
Beautify your hands with humbleness...
And don't hesitate to to lend a helping hand to those in need...
As the Prophet(pbuh) said :" ALLAH(swt) has revealed to me that you must be humble, so that no oppresses another and boasts over another". [Abu Dawud] 

► As for diet...
Share your food with others...
As the Prophet(pbuh) said :" Food for one is enough for two and food for two is enough for three and food for three is enough for four". [Ahmad, Al-Tirmidhi, An Nasaa'I and Ibn Majah] 

► To have healthy mind and body...

Sunday, August 12, 2012

Gagal Audisi

Ada sebuah agensi, kelihatanya baik, populer, bertanggung jawab..kalau di Korea mungkin seperti JYP Entertainment lah yaa.. tiba-tiba datang buat audisi kamu padahal kamu ngga merasa melamar apapun ke agensi tersebut 
Perasaan pertama? bingung
Perasaan kedua? aneh, oh yaa? ko bisa?

Kemudian, kamu mempersilahkan dia datang untuk tahu apa ini nyata? biasalah tahap pertama perkenalan seperti dites beberapa pertanyaan, dari awalnya yang tidak tahu apalagi berharap tapi karena "JYP  Entertainment" yang datang jadi timbul harapan kan...

Tap tap tap, beberapa hari kemudian setelah audisi tahap awal, agensi tersebut  ingin datang lagi mungkin ingin audisi tahap selanjutnya, tahap uji nyali  kali yee hahaha tes intelegensi atau tes TPA ahahaha tapi kamu masih merasa ada yang aneh, ada yang salah dan merasa ada yang ga sewajarnya, jadi kamu lewatkan kesempatan yang ditawarkan agensi tersebut untuk mencari sedikit info tentang agensi tersebut.

Agensi itu masih mengontak dan kelihatan berusaha meng-audisi, baik..mungkin perasaan kamu aja sih
Kamu sedikit menggali info dengan seorang teman lama yang kenal baik dengan agensi itu. Huft, disini syoknya kamu  malah ditawari masuk agensi teman kamu itu, O Alloh... andai "JYP Entertainment" itu tahu

Beberapa hari kemudian, waktu berlalu, manusiawi kalo kamu sudah berharap untuk bergabung dengan agensi "JYP Entertainment" itu, tapi...tiba-tiba "JYP Entertainment" memberikan informasi "maaf kami audisi tanpa izin cast director, anggap saja ini pengalaman buat kamu ya" OUTCASTED! sad ending...

Ingat! itu gagal audisi dan sad ending untuk sesuatu yang awalnya tidak kamu harapkan bukan?, mustinya jangan berlarut-larut kaan,  toh sebenarnya pada awalnya kamu ngga mengharapkannya, tapi dia datang maka timbullah harapan.

Pertanyaan pertama? kenapa  "JYP Entertainment"  bisa datang dan memilih kamu yang diaudisi? mungkin ini mungkin itu, kamu bisa mengira-ngira apa alasannya tapi cuma agensi itu yang tau, dibalik itu semua. Memang yang paling mengecewakan dari sebuah audisi adalah ketika kita tidak tahu pasti alasan mengapa kita kita tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya. Allah pasti ada maksud kenapa agensi itu datang dan kemudian berakhir begitu. Tidak ada yang namanya kebetulan di dunia ini, yang ada itu takdir.

Pertanyaan kedua? namanya audisi maka pasti ada kandidat lain kan? mungkin kamu kandidat cadangan saja *tsaaaaah

Sedih yang berlarut-larut membuat kamu seperti ngga punya Tuhan saja, semua pasti ada hikmahnya..ga seru juga kalo semua dalam hidup kita berjalan sesuai harapan yang kita mau, pasti Allah kasih jalan yang lebih baik, anggap aja bukan rejeki dia mendapatkan kita ^__^ (teteup yee..)

Pelajarannya: berhati-hatilah..agensi bagus begitu banyak dan mereka bebas mengaudisi siapapun yang mereka pilih termasuk mungkin kamu salah satu diantaranya, agensi bagus itu gengsinya tinggi, tapi ingat kamu juga punya hak untuk memilih dan memutuskan ingin ikut audisi ke agensi tersebut atau tidak dan kemudian memilih join ke agensi yang terbaik, tetap semangat memantaskan diri untuk mendapat yg terbaik!! chu~

Wednesday, August 8, 2012

He won't let my daughter stave, 
starvation of rice, starvation of love, 
and starvation of faith

Monday, August 6, 2012

Financial Planning Before Married

Beuh ini analisisnya dewa beut,  persiapkan yang terbaik tapi itung2an rizki manusia adalah hak prerogatif  Allah swt yee


Baru-baru ini nemu kasus di mana seseorang, katakanlah X dan Y menikah. Agak miris juga sih. Sampai sekarang mereka hepi-hepi aja. Tapi mereka berada dalam beberapa masalah praktikal seperti, mau DP rumah tapi salary gabungan kurang cukup. DPnya juga kurang cukup. Mau DP pun anak sedang dikandung. Intinya they wanted to progress tapi ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya mereka miiki sebelum nikah, belum mereka miliki sampai mereka telah menikah dan sedang mengandung anak. 

I’m not an expert in finance but I do intend to share what I know. Semoga bisa jadi bahan rujukan adik-adik kita yang sedang berjalan menuju stage ini. Gue rasa di jaman susah gini, gak ada salahnya pasangan yang akan menikah duduk bareng dan buka-bukaan soal uang. And as an individual, we want to be the part of the solution kan, bukan part of the problem.

Intinya gini. Ketika seseorang menikahi kita, dia akan mengabdikan semua dirinya untuk kita dan keluarga yang akan kita bangun. Oleh karena itu, mereka berhak untuk tidak menikah dengan masalah kita. Kalo kita punya utang, yuk coba sebaik mungkin bereskan dulu, demi kita dan demi dia. Masak iya udah lah dia mengabdikan semua hidupnya untuk kita, dia juga jadi susah beli rumah, gajinya yang seharusnya buat pensiun kita, abis buat utang-utang kita. Gak tega kan ya.


Sebaliknya juga gitu. Kita akan mengabdi pada dia selamanya. Kita berhak untuk mendapatkan pasangan yang bersih lahir batin. Soleh iya, namun kalo soleh tapi punya utang CC 20 juta dan credit score buruk? kita bisa terlantung-lantung 5 tahun gak bisa ajukan KPR.

Things you might want to check before marriage:


Debts
1.a. Pastikan kita sendiri gak punya CC debt. CC debt akan menurunkan credit score kita di BI. Ini akan bermasalah ketika pasangan akan membeli rumah. Bisa jadi pasangan kita bersih, eh credit score kita buruk. Kalo udah gini, kasian pasangan kita apalagi kalo dia udah mati-matian nabung.
1.b. Pastikan calon pasangan gak punya CC debt. Sebaliknya juga berlaku, dia harus kasian juga dong sama kita kalo kitanya yang udah hemat kiri kanan buat beli rumah, tapi KPRnya ditolak bank.
2.a. Pastikan bahwa selain CC, kita juga gak punya utang apa pun, berapa pun, dalam bentuk apa pun. Menikah adalah kegiatan di mana reputasi finansial (credit score) dan daya beli 2 individu menjadi satu. Menikah juga adalah titik di mana kita bukan lagi menjadi tertanggung namun menjadi penanggung dan penanggungan ini pertanggunjawabannya juga ditanya di akhirat nanti. So we might want to be ready and make sure there is no minus in our bank account before we start. Kita ingin memulai rumah tangga setidaknya dari titik nol, bukan dari titik minus. Jika masih minus, tidak apa-apa. That doesn’t make us a bad person. Tapi sebaiknya dibereskan dulu.

Mungkin ada beberapa lajang yang nyicil mobil. This is fine. Meski sebaiknya dilunasi dulu atau setidaknya jika belum, bisa lunas saat menikah, benar-benar didata dulu sebelum nikah. Konsekwensinya, cicilan mobil ini akan mengurangi daya cicil kita dalam mencicil rumah.

2.b. Pastikan kondisi utang pasangan juga sehat. Dua hal di atas sangat realistis untuk dilakukan. Ini pasti bisa dilakukan semua orang.


Tanggungan
3.a. Data semua tanggungan sebelum nikah. Di sini mungkin orang mulai variatif. Mungkin ada orang yang bukan punya utang namun punya tanggungan seperti biaya kuliah adik, biaya sakit orang tua, atau kita mensupport orang tua. Ini jangan dihitung sebagai hutang namun sebagai tertanggung. Jangan juga dihitung sebagai beban. Mereka darah daging kita juga kan. Kalo gak ada mereka belum tentu kita seperti ini. Yang jelas, tertanggung ini sebaiknya didata aja untuk memanage expectation.


Contoh kasusnya. Waktu pacaran, istri gak bilang bahwa biaya rumah sakit bapaknya 5 juta sebulan. Padahal suami sangat ingin beli rumah perdana. Setelah menikah, rencana itu terpaksa tertunda. Marahan. Dengan mendata tanggungan, pasangan bisa memanage expectation.

OK, 3 perihal pertama adalah tentang tanggungan dan yang minus-minusan ya.


Aset

4. Disarankan untuk memiliki asset, bukan liability (maaf terdengar seperti Robert Kiyosaki). Aset ini bisa semua hal definisi dari asset dari mulai jumlah tabungan yang cukup, atau saham, LM atau rumah. Kalo bisa beli rumah dari gaji single sendiri, itu fantastic. Malah sebaiknya beli rumah itu gak perlu nunggu nikah kok. Dan gak harus cowok yang beli rumah. Khusus untuk laki-laki, beli rumah sendiri berguna jadi mas kawin. Ntar kalo nikah bisa dijual, jadikan DP dan bersama salary istri beli rumah yang lebih besar. Perempuan juga begitu.


5. Disarankan untuk convert semua liability jadi asset. Ada temen yang realistis. Dia punya mobil kesayangan waktu dulu kuliah. Pas nikah, itu mobil dia jual, jadiin DP rumah dan dia+istri naek motor. Heart breaking? Yes. Tapi dia bilang that was the best decision of his life karena dia melihat harga mobilnya seidkit demi sedikit turun sedangkan harga rumah naik terus.


6. Buat cowok (dan muslim – maaf), biasakan beli emas sedikit demi sedikit dari awal kerja sampai menikah. Sunnah nabi menyatakan bahwa sebaiknya mas kawin dari pria utnuk wanita adalah sesuatu yang memiliki nilai gadai. Ini agar jika terjadi sesuatu, mas kawin itu bisa digadaikan dan membantu keuangan. Baiknya sih emas atau apa terserah (yang jelas bukan pompa aer). Yang jelas, sajadah dan seperangkat alat shalat, meski memiliki nilai agama yang tinggi, tidak memiliki nilai jual.


Let’s review how realistic the above 3 are. Semua mungkin, asal hitungannya dingin dan tidak pakai emosi. There is no such thing as mobil kesayangan. Yang ada hanya mobil. Atau mungkin dengan gaji 5-6 juta kita belum bisa cicil rumah 1.2 M. tapi gaji segitu bisa kok cicil rumah 40/90 di depok yang harganya 90-150 juta.

Lebih baik investasi kecil yang riil tapi naik ketimbang keinginan yang hanya tinggal keinginan.

Lebih baik murah dan sederhana tapi kebeli ketimbang yang jetset dan highclsss tapi gak kebeli-beli. Meski kecil dan jauh, valuenya naik. Bisa jadi mas kawin, dan bisa jual dengan profit setelah menikah untuk beli rumah baru.


Finance

7. Ini untuk menjawab, berapa sih nilai tabungan+asset kertas yang sebaiknya seseorang miliki sebelum menikah? Di sini pasti jawabannya variatif dan secara nominal berbeda. Maka dari itu mungkin rumus ini bekerja:

Nilai tabungan+asset kertas minimum = ½ ongkos nikah + ½ DP rumah (jika belum punya rumah) + ½ ongkos melahirkan Caesar + 6 bulan biaya hidup

Semuanya ½ dengan asumsi pasangan kita akan cover setengahnya lagi. Atau dalam kasus ongkos melahirkan Caesar, dicover asuransi kantor.

DP rumah masuk rumus ini jika belum punya rumah. Memang bisa ngontrak atau bareng orang tua. Tapi alasan kenapa kita tinggal bareng orang tua atau ngontrak adalah karena kita mengumpulkan uang untuk suatu saat beli rumah sendiri kan? Jika pun bukan itu alasannya (mungkin untuk menemani orang tua), kepemilikan rumah oleh sebuah rumah tangga cukup penting sebagai tabungan asset keras. Malah jadi lebih untung akrena saat kita menemani orang tua di rumahnya, rumah itu kita kontrakkan dan autofinance dengan sendirinya.


Ongkos melahirkan masuk sana just in case kita subur wakakak. Seriously, ada beberapa orang yang tokcer dan gelagepan juga. Alasan kenapa ongkos melahirkan masuk sana juga karena ini: Kalo baru nikah dan ngejar beli rumah, ngejar lunasi CC, ngejar beli motor atau mobil. Biasanya untuk melahirkan itu suka aja kelupaan.


Kayaknya 7 faktor ini juga udah cukup ya for now. Gue sengaja segenerik mungkin karena gak mau menggambarakan betapa horornya menikah itu.

Semua factor ini ada dengan asumsi kita tidak diberi bekal oleh orang tua. Memang pasti orang tua berusaha memberikan yang terbaik ya. Ada yang bayarin nikahan, ada yang beliin rumah atau mobil. Tapi ketujuh faktor ini gue pikirkan dengan asumsi kita tidak mendapat pertolongan dari orang tua atau mertua. Pemberian itu gak salah malah kita harus bersyukur ada yang meringankan.

Menikah itu bukan solusi. Menikah itu pekerjaan yang hasilnya akan ditanya pertanggungjawabannya di saat kubur nanti. Makanya untuk teman-teman yang menikah ‘untuk menghindari zinah’ percayalah jangan pakai alasan itu. Ada banyak masalah yang akan datang hanya karena gak tahan syahwat. Menikah tanpa bekal akan membuat tanggungan kita sengsara dan bukti bahwa kita tidak siap. terlebih lagi bisa buat orang tua kita sengsara. gue kenal seorang ketua remaja mesjid, menikah saat kuliah. Ketika anaknya lahir, ibu dari ketua masjid itu harus jual emasnya untuk biaya lahir cucu. Alim? iya. Siap menikah? well, gue bilang sih seharusnya nanti dulu ya. Dia kan udah jadi penanggung, kok ya masih ditanggung sang ibu? Dan saat itu terjadi, kita (terutama laki sebagai kepala keluarga) dituntut petanggungjawabannya.

Makanya, gak ada salahnya seseorang mengambil prinsip:


waktu kecil gak nyusahin orang tua, udah tua gak nyusahin anak.

Gue sendiri gak ada satu pun yang lulus ketika gue menikah huahaha. But I was lucky to go to Africa. Kalo

Friday, August 3, 2012

Cinta Vs Nafsu

1. cinta itu ajeg dan bersabar | nafsu itu memburu dan terburu-buru
2. cinta itu pengorbanan | nafsu itu menuntut korban
3. cinta itu bicara masa depan | nafsu itu yang penting sekarang
4. cinta itu tak habis, abadi sepanjang masa | nafsu itu habis dalam sesaat saja
5. cinta itu inginkan kebaikan | nafsu itu menyangka inginkan kebaikan
6. cinta itu menyadari | nafsu membuat lupa diri
7. cinta itu berbagi | nafsu itu egois
8. cinta itu merindu yang sudah pasti | nafsu itu menggalau yang belum pasti
9. cinta berarti melindungi | nafsu itu seringnya mengancam
10. cinta itu ibadah | nafsu itu maksiat
11. cinta diterangi jujur | nafsu diselimuti dusta
12. cinta itu menikah | nafsu itu pacaran

Ustadz Felix Siauw

Save Maryam





1)   Dari gelagat-gelagat, idiom yang dipakai, bombastisnya angka, & sensasionalnya video; banyak yang justru curiga bahwa #SaveMaryam..
2)   ..bukanlah gerakan anti-pemurtadan; bahkan sebaliknya, penggalangan tuk misi. Beberapa tokoh muslim Indonesia di rantau.. #SaveMaryam
3)  ..yang berkorespondensi dengan sesepuh muslim Indonesia di Inggris yang kami dampingi ini; hatta sampai pada haqqul yaqin.. #SaveMaryam
4)  ..tersebab modus seperti ini sudah beberapa kali dipakai. Dan scene berlatar Yogyakarta yang mendominasi video mereka.. #SaveMaryam
5)    ..semakin menguatkan kecurigaan di antaranya karena; ambilan gambar jernih itu ber-angle gerejawi & tidak nyambung dengan.. #SaveMaryam
6)    ..pemahaman 'Panitia' #SaveMaryam atas muslim Indonesia dalam narasi yang dibacakan. Seharusnya kalau bisa mengambil gambar seakrab itu..
7)      ..mereka akan lebih hati-hati pula dalam data (240 Jt menjadi 200 Jt & adanya konversi 2 Jt pertahun itu amat gegabah). #SaveMaryam
8)   TAPI; kita wajib husnuzhzhan pada upaya saudara semuslim dalam perhatiannya pada nasib kita di Indonesia. Dan itulah.. #SaveMaryam
9)  ..yang kami lakukan meski sakit rasanya; seakan Indonesia begitu rapuhnya dalam menjaga 'aqidah saudara. Yak, husnuzhzhan! #SaveMaryam
10)  Keterangan di http://t.co/buyZfeGS kita melihat bahwa program #SaveMaryam diinisiasi oleh Mercy Mission World UK http://t.co/qdKyZjeI
11)   OK; meski sampai saat ini, dari semua kolega sesepuh muslim Indonesia-Inggris yang kami dampingi tak satupun pernah dengar.. #SaveMaryam
12)  . ..tapi resmi terdaftar sebagai lembaga Charity di http://t.co/5BBAUrmy dengan nomor 1122922 & cek: http://t.co/INxtSIQe #SaveMaryam
13) Artinya ia lembaga charity legal; melaporkan dana serta kegiatannya. OK, ia baru & menyatakan operasinya di England, Wales.. #SaveMaryam
14) ..Canada, India, & South Africa. Tak ada Indonesia. Persoalannya; mengurus izin Charity di Inggris MUDAH; asalkan dokumen.. #SaveMaryam
15)  ..dikirim, verifikasinya tak seketat pendirian Yayasan di Indonesia. Laporan pun garis besar operasional lembaga (tertera). #SaveMaryam
16)  Jadi, mari kita coba cek lebih jauh. Akun @SaveMaryam menulis, tgl 21 Juli, gerakannya ditayangkan di Channel Ramadan TV. #SaveMaryam
17) Kami mencoba konfirmasi ke Ramadan TV namun hingga kini belum berjawab jelas; apa mereka mengenal dengan baik para pihak di #SaveMaryam?
18)  Lalu ada info; Ramadan TV pun sekedar karena sangat bersimpati & 'trenyuh berat' karena angka 2 Jt itu. Sama yang terjadi.. #SaveMaryam
19)  ..dengan beberapa pihak lain yang amat menggebu-gebu untuk mendukung. Jadi kami stuck sampai di sini & masih dalam ragu. #SaveMaryam
20)  Hari ke depan; akan diupayakan telusuran yang lebih jauh hingga ke kantong-kantong alamat kontaknya oleh tim insyaaLlah. #SaveMaryam
21)  Tapi sampai saat ini; terrekomendasikan tim untuk menahan diri dahulu dari menyebarkan & berdonasi sebab kebelumjelasannya. #SaveMaryam
22) Shalih(in+at) yang memiliki tambahan info tentang Mercy Mission & programnya sila mention & sekalianlah menggali lengkap. #SaveMaryam
23)  AlhamduliLlah, banyak info dari Shalih(in+at) maupun dari Tim kian menguatkan husnuzhzhan kita pada #SaveMaryam & Mercy World Mission.
24) Selain info dari @sid_on_tweet yang kami RT tadi, juga banyak info dari @bibob24 di KL, tim di London telah menghubungi MCB. #SaveMaryam
25)  MCB (Muslim Council of Britain) membenarkan adanya program #SaveMaryam dari Mercy Mission meski tidak dalam posisi merekomendasikan dll.
26)  Pun tim sudah menyimak keterangan Dr. Tufique Chowdury (CEO Mercy Mission) di Ramadan TV & beberapa rekamannya di Youtube. #SaveMaryam
27)  Kesimpulannya mengarah pada bahwa; kita harus mengapresiasi sebaik-baiknya apa yang dilakukan Mercy Mission dengan gerakan #SaveMaryam.
28)  Tentu dengan meminta maaf atas ketaksegeraan menyambut sebab memang ada beberapa kemusykilan yang timbul dari kampanye #SaveMaryam itu.
29)  Maafkan; sebab pernah ada gerakan dengan nada serupa yang justru sebaliknya; ambil dana muslim Internasional tuk pemurtadan. #SaveMaryam
30)  Pun demikian, dengan tetap mendukung #SaveMaryam; komunikasi muslim antarbangsa memang amat sangat harus kita tingkatkan.
31)  Yang agak memberatkan hati bagi kami yang sehari-hari bergulat meski tak seberapa dalam da'wah di Indonesia ya angka 2 Juta. #SaveMaryam
32)  Selain tidak faktual (dan agama Allah tidak perlu kita tolong dengan ketidaktepatan meski maksudnya agar lebih simpatik).. #SaveMaryam
33)  ..rasanya kok tidak adil pada berribu da'i yang rela masuk hutan, naik gunung, & menyeberangi lautan tuk melawan pemurtadan. #SaveMaryam
34)  Seakan mereka selama ini tak melakukan apapun. Maafkan; terasa sekali malu yang amat sangat ketika seorang Brother Nigeria.. #SaveMaryam
35) ..kemarin di East London Mosque bertanya, "Apa saja yang anda lakukan sampai-sampai 2 Juta saudara anda murtad tiap tahun?" #SaveMaryam
36)  Tentu saya merasa memang belum lakukan apapun; 21 dusun terpencil binaan Relawan Masjid di lereng Merapi itu apalah artinya. #SaveMaryam Tapi sebagai seorang muslim Indonesia kitapun merasakan ketidaknyamanan; ketika kelemahan kita dilebihkan & dimasyhurkan. #SaveMaryam
37)  Mungkin ada sebagian yang berpendapat; angka itu tak penting; mau 2 Jt, 1 Jt, 500 Rb; berapapun, jelas pemurtadan itu nyata. #SaveMaryam
38) Bagi saya angka itu penting. Bagaimana kita akan jernih kalau mengaburkan; bagaimana kita akan membantu kalau menyinggung? #SaveMaryam
39) Terajak tiap kita tuk membuka mata; pemurtadan itu nyata. Dan #SaveMaryam ialah teguran yang ditelunjukkan pada kita semua di Indonesia.
40) Kita jauh lebih berkewajiban untuk berjuang menjaga aqidah saudara daripada #SaveMaryam & menyampaikan hal benar tanpa melebih-lebihkan.

Sekian dulu Shalih(in+at) tentang #SaveMaryam; moga berkenan menyimak dari no 1-40 ditambah RT info-info dari para pihak yang tersaji:)

Ust Salim A Fillah
http://chirpstory.com/id/salimafillah 

Wednesday, August 1, 2012

Papito

28 Januari 2012

Seorang anak biasanya akan sering merasa kangen sekali dengan Mamanya.
Lalu bagaimana dengan Ayah [Papa/Abi/Bapak] ?
Mungkin karena Mama lebih sering menelepon untuk menanyakan keadaanmu setiap hari,
tapi tahukah kamu, jika ternyata Ayah-lah yang mengingatkan Mama untuk menelponmu?
Mungkin dulu sewaktu kamu kecil, Mama-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng,
tapi tahukah kamu, bahwa sepulang Ayah bekerja dan dengan wajah lelah Ayah selalu menanyakan pada Mama tentang kabarmu dan apa yang kau lakukan seharian?

Pada saat dirimu masih seorang anak perempuan kecil……
Ayah biasanya mengajari putri kecilnya naik sepeda.
Dan setelah Ayah mengganggapmu bisa, Ayah akan melepaskan roda bantu di sepedamu…
Kemudian Mama bilang : “Jangan dulu Ayah, jangan dilepas dulu roda bantunya” ,
Mama takut putri manisnya terjatuh lalu terluka….
Tapi sadarkah kamu?
Bahwa Ayah dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu, dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karena dia tahu putri kecilnya PASTI BISA.
Pada saat kamu menangis merengek meminta boneka atau mainan yang baru, Mama menatapmu iba.
Tetapi Ayah akan mengatakan dengan tegas : “Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang”
Tahukah kamu, Ayah melakukan itu karena Ayah tidak ingin kamu menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi? 
Saat kamu sakit pilek, Ayah yang terlalu khawatir sampai kadang sedikit membentak dengan berkata :
“Sudah di bilang! kamu jangan minum air dingin!”.
Berbeda dengan Mama yang memperhatikan dan menasihatimu dengan lembut.
Ketahuilah, saat itu Ayah benar-benar mengkhawatirkan keadaanmu.

Ketika kamu sudah beranjak remaja….
Kamu mulai menuntut pada Ayah untuk dapat izin keluar malam, dan Ayah bersikap tegas dan mengatakan: “Tidak boleh!”.
Tahukah kamu, bahwa Ayah melakukan itu untuk menjagamu?
Karena bagi Ayah, kamu adalah sesuatu yang sangat - sangat luar biasa berharga..
Setelah itu kamu marah pada Ayah, dan masuk ke kamar sambil membanting pintu…
Dan yang datang mengetok pintu dan membujukmu agar tidak marah adalah Mama….
Tahukah kamu, bahwa saat itu Ayah memejamkan matanya dan menahan gejolak dalam batinnya,
Bahwa Ayah sangat ingin mengikuti keinginanmu, Tapi lagi-lagi dia HARUS menjagamu?