Thursday, March 1, 2012

Pengalaman Test IBM APPRENTICESHIP

Doooh dr kmrn tuh udah gatel mau nulis ttg ini, pengalaman yg luar biasa, alhamdulillah bgt bs ngerasain tes IBM secara ya orang2 pilihan aja yg bisa ikutan tesnya ehehe.

Sekitar sebulan lalu ngirim CV ke IBM buat program magang ini, alhamdulillah kepanggil buat tes. Tes tertulis dari IBM namanya tes IPAT, ngga tau kenapa IBM menggunakan metode IPAT ini buat rekrutmennya, mau tau soalnya gmn? yaaa gitu deh, kata IBM ngga boleh dikasih tau, pokonya tenyata itu full in English, semacem psikotest gtu daaah cuma ya bahasa inggris, yg bhs indonesia aja udh bikin pening apalagi ini.

TKP tes di Pusat Studi jepang, jdlah gw ngebolang ke UI alone dg modal SKSD, alhamdulilla ketemu orang bae2 dijalan jadinya sampe jg di kampus kuning. Tes jam 15.30, gw smp sana jam 14.45, nunggu bis kuning berkardus biru di halte wira makara, nyampe sana jam 15.15. Tesnya terbagi jd 2 batch, batch 1 (pagi) dan batch 2(siang), karena masih ada yg di dlm aula PSJ maka saya nunggu di luar sambil kenalan2 sm para kandidat2 lainnya.

Me : Halooo, kenalan dong namanya siapa?
X : Fitria
Y : Fathiya
Z : Irena
Me : dari mana? 
X : UI, km?
Me : UIN Syarif Hidayatullah 
Y : UI, km?
Me : UIN Syarif Hidayatullah 
Z : UI,km?
Me : UIN Syarif Hidayatullah 
and so on deh

#jleb to the max sumpah, setiap gw kenalan dan nanya dari universitas mana pada jawab UI, kalo ga ITS, swastanya Binus trus bnyk juga yg dari luar negri boooo

tiba-tiba waktu lg duduk ngegelosor nunggu waktu, datanglah sekitar 7 orang perlente cewe-cowo wajah bagaikan artis korea yang mulus2 itu, jauhlaaaah dr gw yg dateng lusuh dan naik deborah. Akhirnya masuk jg ke lobi aula PSJ, dan sy melihat denah tes dan list nomor tempat duduk. Surprise!!! ada sekitar 400 orang and im the only one from UIN Syarif Hidayatullah, benar aja itu universitas2 kece smua. bayangkan, ada yg dari Queensland, University of Taiwan, NTU, UI, ITB,ITS, President University, Binus Univ, mostly from UI siiih.
Ya sudahlah, maju terus pantang mundur, alhamdulillah udah ngerasain ke panggil dan duduk sama para alumni dari universitas2 itu. Tesnya sebentar cuman 1 jam, setelah itu ada jeda nonton film inspiratif sambil panitia ngoreksi jawaban kita. Mereka emang profesional bgt, langsung hari itu jg ada hasilnya siapa aja yg lanjut ke tahap selanjutnya, paling cm jeda 1/2 jam dr waktu selesainya tes. 

Akhirnya hasilnya keluar, unlisted alhamdulillah bukan rejeki, tapi IBM bikin salut. 2 jempol buat IBM, seumur2 jd job seeker, hanya mereka yg bener2 menghargai job seeker, bahkan sebelum tes dimulai Mr. Ivan (HRD IBM) bilang "semua orang pintar, tapi kami pilih yg cocok dg perusahaan kami, tidak lolos bukan berarti anda tidak pintar" sungguh super sekali. Yang bikin gw terngiang2 smp sekarang tuh, "kita sebenernya udh tau keahlian kita dimana tapi kadang kita terlalu memperdulikan kata-kata orang, gengsi, dan risih dengan predikat tidak prestis padahal kita nyaman. Seperti anggapan knp cowo terlihat aneh klo suka masak? padahal koki-koki terbaik dunia itu kebanyakan adalah laki-laki" Omonaaa! itu sedikit mengena di hati saya... mari lanjutkan ngebolang mumpung Allah msh kasih kesempatan dpt kerjaan sosial buat sekarang2 ini :-) FIGHTING!

3 comments:

  1. wah,,,sukurlah ikut tes di IBM, pengalamannya jadi bertambah ya..sip.
    pesaing boleh hebat-hebat, juga berasal dari kampus2 mentereng,tapi ya itu tadi..semua peluang masih tetap ada bagi siapapun,dari manapun asal pendidikannya,asal lulus tes aja..
    sejauh ini pengalamanku juga begitu,latar belakang universitas ternyata bukan faktor keterjaminan keterimanya seseorang di dunia pekerjaan bonafid, masih ada banyak faktor: pengalaman, ketersiapan mental,semangat dan etos kerja. Namun ada yang lebih menentukan lagi:"keberuntungan"..kalau Allah SWT dah mutusin kun maka fayakun pun terjadi..itu yang saya alami sendiri di pekerjaan saya saat ini,semoga Allah SWT juga mengirim banyak keberuntungan buatmu dan meluluskanmu dari tahapan tes2 selanjutnya,amin...always Support u full;:)

    ReplyDelete
  2. makasi yaa.. saya bakal terus berusaha, mencari yang terbaik, semangat!!

    ReplyDelete
  3. tulisan yg inspiratif sekali :)
    saya suka kalimat ini "semua orang pintar, tapi kami pilih yg cocok dg perusahaan kami, tidak lolos bukan berarti anda tidak pintar"

    ReplyDelete

Please leave your comment here..