Sunday, March 11, 2012

Angkutan Umum Pondok Kacang ke UI Depok

Pengalaman beberapa kali ke UI tapi suka lupa deh angkot-angkotnya hehe makanya tulis disini aja deh

Sepengalaman saya, dari Pondok Aren kalo mau ke UI depok ada 3 cara
  • Lewat Blok M
Pertama Kalinya ke UI, saya naik ini deh kayanya. Lupa juga si, trayeknya C11 Pondok Kacang- Ciledug Rp. 4000 > Ciledug - Blok M naik Metro mini 69 RP.2000 trus naik Kopaja S 63 ke Depok Rp.2000. Turunnya di jembatan UI (Wira Makara). Abis itu kalo mau ke tujuan tinggal nunggu Bis Kuning di halte .Ngga enaknya adalah, muacet ke blok M nya trus nunggu Kopajanya lama beuut
  • Naik debora dari Selapa Polri
Cara kedua yaitu naik debora, dari prapatan bingung Pondok Kacang naik D09 - Gintung Rp. 5.000 > D01 - Pasar Jumat Rp.2.000 > Debora - Jembatan UI Rp.4000. enaknya adalah lancar tapi ngga enaknya adalah angkot jagung muter2, trus angkot Debora kaya pepes.
  • Naik Kereta
Nah, ini yang paling enak menurut saya. Pertama kalinya nyoba naik kereta dari stasiun UI Depok pas tes IBM. Kenapa nyoba pake kereta? soalnya waktu itu udah malem, kan katanya Debora langka gitu dan pasti umpel-umpelan kalo naiknya ga dari ujung. Jadilah coba2 naik kereta. Tujuan stasiun UI- stasiun Sudimara. Naik kereta yang commuter line aja, yg tiap jam ada udah gitu AC lagi trus ada gerbong khusus wanita di gerbong pangkal dan gerbong ujung. Setelah tanya-tanya, katanya ngga ada yg langsung ke stasiun sudimara, jadi musti nyambung dari stasiun Tanah Abang. Beli karcis di loket Rp. 6.000 trus nyebrang ke peron 2. Abis itu tunggu keretanya dateng deh, di dalem kereta tanya lagi ke orang yg kayanya mahasiswa UI.
X: "kalo ke stasiun sudimara musti transit dulu ya?"
Y: "iya, mau ke sudimara?"
X: "iya"
Y: "pake karcis terusan ga?"
X: "ngga, emng bisa?"
Y: "bisa, beli aja di stasiun UI karcis UI- Sudimara"
X: "oooo, ga tau, makasi ya"
Akhirnya setelah sampai di Tanah abang ke loket karcis lagi deh (boros waktu). Tanah abang - Sudimara Rp.6.000. Trus turun ke peron 6 deh buat naik kereta ke sudimara

Setelah 2 kali naik kereta commuter line ternyata ada perbedaan harga tiket terusan
Sudimara - UI Rp. 13.000
UI - Sudimara Rp. 12.000

Kalo mau ke pusat Studi Jepang (FIB) turunnya di Stasiun UI aja. Terus kalo mau ke Balairung UI atau mau ke Perpus, jangan turun di stasiun UI karena kejauhan alias ribet musti naik bis kuning lagi. Jadi, kalo mau ke sana turunnya di stasiun pondok Cina aja (2 stasiun setelah stasiun UI kalo ga salah ye).
Enaknya pake kereta, cepet deh trus sepengalaman kmrn ngga terlalu desek2an juga. Enak deh pokonya! Soal ongkos ngga terlalu terpaut jauh dari jalur debora.

Oia, bis kuning ternyata juga beda2 ya jalurnya (katrok bukan ank UI). ahahahahah

2 comments:

  1. makasih ya..infonya lumayan nambah perbendaharaan rute angkot di kepalaku,,,lebih asik kayaknya kalau pondok kacang-UI ada jalur sepeda khususnya,bakalan rutin ngebolang deh saya..hehe...

    ReplyDelete
  2. ga mau coba2 saya mah, gem to the por hahah

    ReplyDelete

Please leave your comment here..